Viele Roten Herzen

Ein Blauer Vogel

Herzlich Willkommen

HOCHALT ZUM PSALM 90:10

HOCHALT ZUM PSALM 90:10
HOCHALT ZUM PSALM 90:10

HOCHALTSFEST ZUM PSALM 90,10

HOCHALTSFEST ZUM PSALM 90,10
Ny, St. GR. T. PANGARIBUAN Sidulang/Ibu Sonta Marisi boru Tampubolon/Ompu Irene/Ompu Andreas Praymen

Minggu, 19 Agustus 2012

PARMINGGUON TANGGAL 22.7.2012 DI GAREJA HKBP SIDULANG


Ada yang khusus pada acara Parmingguon di Gereja HKBP SIDULANG, pada Tanggal 22.7.2012. Apa itu???? 

Seluruh rangkaian acara yang diselenggarakan pada Kebaktian di Gereja HKBP SIDULANG diliput oleh BINTANG SHOOTING dari Pematang Siantar. Pada hari itu berketepatan Hari PENGANUGERAHAN TITEL/GELAR/GOAR ""SAUR MATUA"" DI GANJANG N UMUR- ""HOCHALT"" -""TERBERKATI UMUR PANJANG DARI TUHAN"" YANG BERDASARKAN PSALM 90.10, KEPADA Ny. St. GR. T. PANGARIBUAN SIDULANG/IBU SONTA MARISI BORU TAMPUBOLON/OMPU IRENE/OMPU ANDREAS PRYMEN, SEKALIGUS ERAYAKAN HARI ULANGTAHUNNYA YANG KE 70 TAHUN, YANG JATUH TEPAT PADA HARI INI,  MINGGU, TANGGAL 22.7.2012.PELIPUTAN ACARA KEBAKTIAN DI GEREJA HKBP SIDULANG PADA HARI INI SANGAT PERLU, KARENA ACARA PARMINGGUON DI GEREJA HKBP SIDULANG PADA HARI INI ADALAH BAHAGIAN DARI RANGKAIAN ACARA  PENGANUGERAHAN  TITEL/GELAR/GOAR ""SAUR MATUA"" DI GANJANG N UMUR- ""HOCHALT"" -""TERBERKATI UMUR PANJANG DARI TUHAN"" YANG BERDASARKAN PSALM 90.10 KEPADA Ny. St. GR. T. PANGARIBUAN SIDULANG/IBU SONTA MARISI BORU TAMPUBOLON/OMPU IRENE/OMPU ANDREAS PRAYMEN, SEKALIGUS MERAYAKAN HARI ULANGTAHUNNYA YANG KE 70 TAHUN. SEBAGAIMANA DIKETAHUI, BAHWA Ny. St. GR. T. PANGARIBUAN SIDULANG/IBU SONTA MARISI BORU TAMPUBOLON/OMPU IRENE/OMPU ANDREAS PRAYMEN ADALAH JEMAAT HKBP SIDULANG SEJAK MENIKAH DENGAN St.GR. TOGANG PANGARIBUAN SIDULANG, PADA TANGGAL 2.11.1964 DI SIDULANG. SEJAK TAHUN 1968 SAMPAI SEKARANG, NY. St. GR. T. PANGARIBUAN SIDULANG/IBU SONTA MARISI BORU TAMPUBOLON/OMPU IRENE/OMPU ANDREAS PRAYMEN SAMPAI SEKARANG AKTIF MARHOBAS -MELAYANI DI PUNGUAN INA HKBP SIDULANG,  SEHINGGA TIDAK ASING LAGI Ny. St. GR. T. PANGARIBUAN SIDULANG/IBU SONTA MARISI BORU TAMPUBOLON/OMPU IRENE/OMPU ANDREAS PRAYMEN DI KALANGAN JEMAAT DAN MAJELIS GEREJA HKBP SIDULANG. DAN TIDAK HERAN, JIKA PARMINGGUON - KEBAKTIAN DI GEREJA HKBP SIDULANG PADA HARI MINGGU,TANGAL 22.7.2012 DILIPUT DAN DIPUBLIKASI LEWAT PHOTO, VIDEO DAN INTERNET ONLINE. INILAH DIA CUPLIKANNYA:







Acara Parmingguon masuk pukul 10.30 WIB, pagi..Acara Kebaktian dimulai dengan bernyanyi dari Buku Ende, yang dipimpin oleh St. W. Pangaribuan. 












Pada Acara Votum yang dipimpin oleh St. S. Pangaribuan, jemaat diminta berdiri











Koor Punguan Ina, yang dipimpin oleh Ny. Pangaribuan/Ibu Surtia boru Simajuntak/Op. Rio. 
Ompu Rio boru Simajuntak sudah lama menjadi pemimoin koor punguan Ina di Gereja HKBP SIDULANG. Ompu Rio sudah menerima Goar Saur Matua di gnjang ni umur pada hari Minggu, tanggal 27.4.2008 bersama 64 orang lainnya yang turut menerima Goar Saur Matua di Ganjang ni Umur pada hari yang sama bertempat di halaman Gereja HKBP SIDULANG. Op. Rio adalah peniunan PNS.

Pada baris ke dua dari depan urutan ke duadari kiri adalah Ny. St. GR. T. PANGARIBUAN SIDULANG/IBU SONTA MARISI BORU TAMPUBOLON/OMPU IRENE/OMPUNDREAS PRAYMEN. Sejak tahun 1968 sampai sekarang, Ny. St. GR. T. PANGARIBUAN SIDULANG/IBU SONTA MARISI BORU TAMPUBOLON/OMPU IRENE/OMPUNDREAS PRAYMEN sudah aktif marhobas - melayani di Punguan Ina HKBP SIDULANG..



Setelah bernyanyi dari Buku Ende,dilanjutkan dengan koor, yang anggotanya jug kaum Ibu. Korr ini dipimpin oleh Ny. Sianipar/boru Pangaribuan. Inang boru Pangaribuan ini bekerja sebagai Guru SD Negeri Sidulang










Kemudian Koor, yang anggotanya juga kaum Ibu, yang dipimpin oleh L. boru Pangaribuan.












Koor Ama sedang mengumandangkan lagu








Koor dari Kelompok Remaja HKBP SIDULANG..Mereka terdiri dari Perempuan dan Laki-laki. Mereka sudah duduk di bangku sekolah lanjutan pertama dan lanjutan atas.
 Kelompok Remaja Pria.
 Warta dibacakan oleh Guru Huria,


 Pada acara Khotbah, semua kaum Bapak dengan seksama mendengar dan menyimak Khotbah, yang disampaikan Guru Huria HKBP SIDULANG, Amang JR Manurung, Tidak ada yang tidak melihat ke Atas.
 Demikian juga Kaum Ibu, semuamendengar Khotbah, tidak ada yang ngomongngomong
 Termasuk para remaja perempuan, sungguh mendengar dan menyimak Khotbah. Tidak ada yang mengantuk

 Para remaja laki-laki, serius mendengar Khotbah. Tidak ada yang pergi keluar gereja merokok
 Khotbah yang disampaikan sangat baik.Semua Jemaat mendengar dan menyimak. Tidak ada yang makan permen.

 Semua diam mendengar Khotbah, tidak ada yang main HP. Mereka semua pakai kebaya

Di antara jemaat yang mengikuti kebaktian pada hari Minggu, tanggal 22.7.2012 di Gereja HKBP SIDULANG, ada Inang boru Tambunan hadir di situ. Inang boru Tambunan adalah Ny. Pangaribuan dari SIDULANG, yang tinggal di Jakarta. Sepertinya, Inang boru Tambunan tidak asing lagi bagi jemaat di Gereja HKBP SIDULANG. Dari beberapa orang Jemaat diketahu, bahwa Inang boru Tambunan dikenal sebagai orang yang suka memberi ke SIDULANG; Inang boru Tambunan memberikan uang kepada para Janda – Ina Namabalu di SIDULANG. Inang boru Tambunan memberikan bahan baju kebaya kepada para anggota paduan suara di Gereja HKBP SIDULANG. Dari Jemaat juga dketahui, bahwa Inang boru Tambunan mendapat bahagian warisan dari Orang tua. Sebahagian dari warisan itu dibelikan bahan kebaya kepada para anggota koor di Gereja HKBP SIDULANG, untuk dipakai pada Pesta Gereja HKBP SIDULANG, pada tanggal 25 -26.8.2012, di Gereja HKBP SIDULANG. Pada hari Mingu, tanggal 22.72012, setelah selesai kebaktiandi Gereja, Inang boru Tambunan membagikan bahan kebaya berwarna kuning emas, lengkap dengan bahan puringnya kepada anggota koor punguan ina.

Memang, „“MEMBERI““ adalah suatu hal yang paling tidak bisa dilakukan manusia dari dirinya sendiri, sehingga, jika ada seseorang atau kelompok ataupun sebuah lembaga atau sejenisnya, atau satu negara atau sejenisnya kedengaran  „“MEMBERI““, sesuatu, orang akan cepat tanggap dan akan dikaji:  Siapa yang memberikan, Apa yang diberikan, Kepada siapa diberikan, Dasar memberi apa, Maksud dan Tujuan diberikan, Alasannya memberi,  Mengapa diberikan, Kapan diberikan, Dimana diberikan, Berapa diberikan, Apa Nama yang diberikan, Bahannya apa, Modelnya apa, Warnanya apa, Ukurannya apa, Harganya berapa, Mereknya apa, Buatan mana, Dibuat di mana
Terus akan dikaji juga: Siapa yang menerma, Apa yang diterima, Dari siapa diterima, Dasar menerima, Alasannya menerima, Mengapa diterima, Kapan diterima, Dimana diterimaBerpa diterima, Apa Nama yang diterima, Bahannya apa, Modelnya apa, Warnanya apa, Ukurannya apa, Harganya berapa, Mereknya apa, Buatan mana, Dibuat di mana
„“Hansit mulak Manjalo, Humansitan mulak Mangalean““
PEMBERI dan PENERIMA adalah sama-sama Subjek.dan MEMBERI dan MENERIMA sama-sama KATA dan PERBUATAN.
PHILOSOPHIE manang HAPORSEAON taringot tu UHUM SISOLISOLI do nanaeng SIPATANDAHONONHON marhite ULAON on tu hamuna Amanami dohot Inanami:
Panandaon taringot tu SISOLISOLI di son ingkon rajuman do secara LINIER – Garis Lurus dohot Kompleks – Hasursaron (Chaos).

Parsiajaran sian on antar songon on ma:
Hubahen ma tu ho parjolo, asa bahenon mu tu ahu balosna, songon na hubahen i tu ho. Molo ro do balosnai sian ho tu ahu, rajuman ma on SISOLISOLI na LINIER – Garis Lurus.
Hubahen ma tu ho parjolo, asa bahenon mu tu ahu balosna, songon na hubahen i tu ho. Alai dang ro balosna sian ho tu ahu songon na hubahen i tu ho, alai adong do namamereng. Didok namamereng i ma dibagasan rohana: Dibahen ho tu ibana, asa baloshononna i tu ho. Hape tangkas do hutanda ibana, dang natarbaloshon ni ibana tuhosongon nabinahen mi tu ibana, alanii ahu mammbaloshon i tu ho. Rajuman ma on SISOLISOLI na Kompleks.
Ia UHUM SISOLSOLI on sada Rante natogu doon namangihoti opat  TIANG namanggombarhon parngoluon ni jolma. Tiang na 4 on mamarpardomuan nasolhot do on satu sama lain, nasoboi sirangon:
 Tiang na 1. ima PANANDAON
Tiang na 2. ima PANGHAPORSEAON
Tiang na 3. ima PANGULAON
Tiang na 4. ima TANGGUNGJAWAB

Pardomuanna songononma:
Molo tatanda sada titik, tahaporseai ma tong sada titik, tontu taulahon ma sada titik, jala tapatuduhon ma tanggung jawabta tu donganta tong do sada titik. Dang boi manimbil sian i!!!! Alai magodang do Panandaon i, suang songoni ma Panghaporseaon i, nang Pangulaon i, dohot Tanggung Jawab i, songon parmagodang ni jolmai.
UHUM SISOLISOLI on jumpangta do on di parngoluon siap ari, di ulaon namarragam i di balian dohot di bagasta be saleleng mangolu hita di tanoon. 

Molo songoni, Ise do jala Aha do Naboi lehonon tu SIDULANG????
Alusna:
Naboi mangalehon tu SIDULANG, ima “”Dada AHU“”
Silehonon tu SIDULANG, ima “”Naporlu tu Hangoluan Siapari ni SIDULANG: Horong Anak Usia Dini, Horong Usia Singkola, Horong Usia Remaja, Horong Usia Naposobulung, Horong Usia Produktif, Horong Usia Dewasa, Horong Usia Senioren Dohot tu Horong Nanaeng tos hosana; Baoa manang Boru””.

IMA NATUTU SITUTU

“”MARTUA MA NAPORSEA, NANG PE SO DIIDA””. (Johanes 20, 29).

 Semua jemaat kaum Bapak yang duduk di belakang, mendengar Khotbah dan menyimak dengan seksama

Semua terdiam mendengar Khotbah. Tidak ada yang bicara atau berbsik-bisik. Mereka semua pakai Kebaya.














D
DOA BERKAT












ACARA PARMINGGUON SELESAI






1 komentar: